Retreat PMKO FE-UH Hari II

Pukul 03.00
Bangun...bangun...
"Wuah, koq cepat amat nih bangunnya. Belum juga tidur."
"Deh, tidak tidur miki' ini pemirsa gara-gara cerita terus"
makan kue alias pengganti sarapan
"Jalan salib...jalan salib..."

Sesuai rundown acara, jam 3 subuh adalah acara prosesi jalan salib. Prosesi untuk mengenangkan kembali perjalanan via dolorosa Yesus Kristus ke bukit Kalvari. Kali ini, prosesi jalan Salib diadakan di sekitar halaman BBI. Walau masih ngantuk berat, prosesinya tetap berjalan khidmat meskipun lampu penerangan mati-padam mati-padam terus. Eh, maksudnya mati-menyala mati-menyala. But, itu tidak menghalangi kekhusyukan prosesi jalan salib yang akhirnya berakhir pada perhentian ke XIV di aula BBI.




senang karena sudah kenyang
Setelah itu ada ibadah pastoral. Dan di sinilah keterngantukan begitu terlihat dan banyak yang tertidur. Meskipun Pricil sudah berapi-api menjadi liturgis bahkan menangis, bahkan berteriak bahkan menyanyi 8 album toh banyak yang akhirnya tertidur. Tapi khotbah dari Pak Pendeta bagus amat. Mengenai penebusan. Bukan dengan barang fana Yesus menebus kita melainkan dengan darah yang mahal.
gaya na jie di'?
Ibadah yang dimulai jam setengah 5 ternyata selesai jam 6 lewat. Luar biasa pemirsa.Dalam ibadah kali ini, saya, K' Panca dan Hangga tertawa terus melihat ekspresi ngantuk dan menahan kantuk dari peserta retreat.

Dan setelah itu waktunya tepar-teparan. Semua mencari posisi pewe untuk tidur. Dan tidak mandi lah mereka. wao...wao....

Setalah cukup lama tidur, akhirnya pada bangun juga. Harusnya sih ada games tapi karena udah lapar jadi langsung makan siang. Setalah itu sesi foto-foto dan sesi kasih makan ikan.

gaya culun mode on
Dan setelah menunggu cukup lama, K' Widi pun datang. Ibadah penutup dimulai. Kali ini Rika dan K' Wuan menjadi pelengkap dari trio macan yang ambil bagian (Just kidding). Dalam khotbahnya, K' Widi menekankan bahwa pemulihan kehidupan kita terjadi karena kasih dan iman.





the couple of the year
Setelah semuanya selesai, akhirnya pulang juga ke Makassar. **

2 komentar:

  1. www pemirsa ibadah pastoral mulai jam 4.30-7.30 nah alias kelebihan 1 jam dari jadwal yg harusx hax 2jam..
    I like ur story ^^

    BalasHapus